Penggunaan Rule of Thirds Dalam Produksi Film "KALA"

research
  • 04 Mar
  • 2025

Penggunaan Rule of Thirds Dalam Produksi Film "KALA"

Penelitian ini mengkaji penggunaan prinsip rule of thirds dalam produksi film televisi "KALA". Rule of thirds merupakan teknik komposisi visual yang membagi frame menjadi sembilan bagian dengan garis bantu grid, bertujuan untuk menciptakan keseimbangan dan daya tarik visual. Dalam film ini, teknik tersebut diterapkan untuk menyoroti subjek utama, mendukung narasi, serta memperkuat emosi dan hubungan antar karakter. Penelitian ini menganalisis berbagai adegan yang memanfaatkan rule of thirds untuk menyampaikan pesan cerita secara efektif, seperti momen kebersamaan, konflik antar karakter dan adegan reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan rule of thirds tidak hanya memperindah tampilan visual, tetapi juga membantu menciptakan pengalaman emosional yang mendalam bagi penonton. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi sineas dalam memanfaatkan komposisi visual untuk meningkatkan kualitas narasi dan estetika dalam film.

Unduhan

  • COVER.pdf

    44232085_Danis Ranu Fardila_Cover

    •   diunduh 10x | Ukuran 278 KB

 

  • FULL SKRIPSI.pdf

    44232085_Danis Ranu Fardila_Full Skripsi

    •   diunduh 24x | Ukuran 75,859,098

REFERENSI

Angga, D. M. P. (2022). Analisis Isi Film “The Platform.” Journal of Digital Communication and Design (JDCODE), 1(2), 127–136.

Baihaqi, A., & Ibrahim, K. (2023). TEKNIK SINEMATOGRAFI FILM PENDEK AIR MATA IMPIAN KARYA MULTIMEDIA Abstrak. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2203, 1–27.

Dheviyani, D., & Manesah, D. (2024). Analisis Teknik Visualisasi Budaya Lokal Medan Dalam Film Sang Prawira (2019) Sutradara Ponti Gea. Misterius : Publikasi Ilmu Seni Dan Desain Komunikasi Visual, 1(1), 42–59.

Dr. Redi Panuju, M. S. (2022). Ide Kreatif Dalam Produksi Film. Kencana Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=hS5eEAAAQBAJ

Haykal, H. L., & Dianta, A. (2023). Peran Camera Person dalam Produksi Film Dokumenter “Kemana Kampung Dolar?” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 81–91. https://doi.org/XX..XXXXX/merdeka

Javandalasta, P. (2021). 5 Hari Mahir Bikin Film. Batik Publisher. https://books.google.co.id/books?id=SqQlEAAAQBAJ

Lestari, K. A., & Korina, D. (2020). Kontinuitas Gambar Sinematografi dalam Dokumenter Televisi “Jurnal Nusantara” Episode “Jagapati Sang Kelud.” Jurnal Ilmiah Pemberitaan, 5(1), 31–43.

Linando, S. I., Prasetyo, M. E., & Winnie, W. (2022). Komposisi Visual dan Tata Cahaya Pada Film Netflix Berjudul Squid Game. Jurnal Bahasa Rupa, 6(1), 20–32. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i1.1139

Musthofa Agus Suwanto, A. P. S. K. M. M. (2020). SINEMATOGRAFI PELAJAR. eduaksi.com. https://books.google.co.id/books?id=tyvdDwAAQBAJ

Panjaitan, Y. D. R. (2022). Analisa Teknik Sinematografi Pada Film Parasite. Journal of Information System and Technology, 03(01), 10–36.

Pratista, H. (2024a). Memahami Film: Pengantar Naratif (Edisi 3). Montase Press. https://books.google.co.id/books?id=g_MfEQAAQBAJ

Pratista, H. (2024b). Memahami Film - Edisi 2. Montase Press. https://books.google.co.id/books?id=pDqdEAAAQBAJ

Sari, R. P., & Abdullah, A. (2020). Analisis Isi Penerapan Teknik Sinematografi Video Klip Monokrom. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 1(6), 418. https://doi.org/10.24014/jrmdk.v2i1.9236

Satriadi, D. (2024). Strategi Penata Kamera dalam Video “Berbagi Cinta” Episode 1 di Kanal YouTube BAZNASTV Tahun 2021. 285–291.

Waliulu, Y. S., Arianto, T., Septriani, S., Alfathoni, M. A. M., Dewi, N. P. S., Hamzaini, H., Oktaviani, D. D., DB, V. D. P., Ali, M. M., Musawir, L. O. A., & others. (2024). TV dan Film. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah. https://books.google.co.id/books?id=C8MdEQAAQBAJ

Zaid, H., Sudiana, Y., & Wibawa, R. S. (2021). Teori Komunikasi dalam Praktik. Zahira Media Publisher. https://books.google.co.id/books?id=bco5EAAAQBAJ